Serbuk adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dialuskan yang ditujukanuntuk pemakaian oral dan pemakaian luar, karena mempunyai permukaan yang halus dan serbuk lebih mudah terdispersi dan lebih larut daripada bentuk sediaan yang dipadatkan (Anonim, 1995).
Serbuk effervescent adalah serbuk yang mengandung unsur obat dalam campuran yang kering, biasanya terdiri dari natrium bikarbonat, asam sitrat,dan asam tartrat, yang jika ditambah dengan air maka asam dan basanya bereaksi membebaskan karbondioksida sehingga menghasilkan gelembung gas yang menimbulkan efesmenyegarkan di sediaan serbuk effervescent. Pembuatan sediaan effervescent, biasanya dibuat dalm bentuk granul atau partikel kasar, sehingga dalam pembuatan serbuk effervescent daun binahong dibuat granul agar tidak cepat lembek.
Dalam pembuatan sediaan effervescent biasanya ditambahkan dua jenis asam yaitu asam sitrat dan asam tartrat, jika hanya digunakan asam sitrat saja maka menghasilkan campuran yang lengket dan granul akan sulit terbentuk dan jika hanya ditambahkan asam tartrat saja maka granul yang dihasilkan akan mudah rapuh (Ansel, 1989).
Berikut komposisi resep standar dalam pembuatan serbuk effervescent (Ansel, 1989).
R/    Zat Aktif                                 200 g
        Natrium bikarbonat                 477 g
        Asam tartrat                            252 g
        Asam sitrat monohidrat          162 g

Reaksi antara asam sitrat dan natrium bikarbonat (a) serta asam tartrat dan natrium bikarbonat (b) (Ansel, 1989)

a)      H3C6H507.H2O  +  3NaHCO3          Na3C6H5O7  +  4H20  +  3CO2
  Asam Sitrat      Na. Bikarbonat        Na. Sitrat        Air    Karbondioksida

b)      H2C4H4O6   +  2NaHCO3             Na2C4H4O6  +  2H2O  +  2CO2
   Asam Tartrat   Na. Bikarbonat      Na. Tartrat       Air      Karbondioksida
    
Berdasarkan reaksi diatas, dibutuhkan tiga molekul natrium bikarbonat untuk menetralisir suatu molekul asam sitrat dan dua molekul natrium bikarbonat untuk menetralisir suatu molekul asam tartrat, maka dapat diperhatikan bahwa unsur-unsur yang membentuk effervescent kira-kira 53% natrium bikarbonat, 28% asam tartrat dan sekitar 19% asam sitrat (Ansel, 1989).